Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Anime Kono Subarashii Sekai ni Bakuen wo!: Si Besar Mulut Teriak "Explosion!"

Kono Subarashii Sekai ni Bakuen wo! © Natsume Akatsuki, Kadokawa
Siapa di sini yang suka anime fantasi? Banyak mestinya, ya. Kalau begitu tentu nama KonoSuba jadi anime wajib tonton kalian. Nah, kali ini ane akan mengulas anime spin-off yang berfokus pada kisah heroine koplak, rekan Lord Kazuma, yakni Megumin dengan tajuk Kono Subarashii Sekai ni Bakuen wo!

[SPOILER ALERT]


Spin-off KonoSuba

Spin-off KonoSuba ini baru saja tayang di musim semi 2023 dengan Studio Drive sebagai penggarapnya dan diadaptasi dari tiga volume LN spin-off dengan judul yang sama. Serial KonoSuba ditulis oleh Natsume Akatsuki dan diilustrasikan oleh Kurone Mishima yang rilis tahun 2012 hingga 2020 dengan total 20 seri LN, 6 seri Novel, dan 17 seri manga dengan Masahito Watari sebagai ilustratornya (Wikipedia). Novel ringan spin-off rilis pada juli 2014 hingga Juni 2015.

Kisahnya berpusat pada kehidupan Megumin si pintar, miskin, dan besar mulut selama di kampung halaman Klan Iblis Merah. Ia masuk akademi sihir di desanya dan bertemu dengan salah satu tokoh yang juga muncul di cerita utama, yaitu Yunyun. Maka dimulailah kisah mereka berdua selama di akademi hingga pertemuan mereka dengan party ampas Lord Kazuma.

Kepingan-kepingan Penting

Chomusuke © Natsume Akatsuki, Kadokawa
Anime ini tidak hanya menyorot kisah awal sebelum Megumin bergabung dengan Lord Kazuma, tetapi juga menampilkan beberapa clue pemantik kisah utama. Kucing hitam bersayap, Chomusuke yang ditemukan—ditangkap kali, ya—adik Megumin, Komekko, yang lantas jadi peliharaan atau familia Megumin ternyata memiliki peran besar bahkan menjadi salah satu kunci utama permasalahan. Karakter pendukung tidak begitu ditonjolkan, kecuali stalker NEET, Bukkororii, dan Cecily, pendeta wanita kultus Axis yang mendapat babak lebih panjang. Sedangkan kehadiran teman sekelas Megumin dan Yunyun bermain sekadarnya, tapi yang paling saya ingat dan menonjol adalah Arue yang tetap kalem di segala kondisi.  

Penuh Komedi dan Dialog

Aksi kocak hingga dialog satir dan sarkasme para karakter tentu saja tidak terhitung, tetapi tidak ada yang membuat saya terpingkal-pingkal dibandingkan anime lain. Namun, ada beberapa scene yang memeable. Ketiadaan Lord Kazuma di sini pun mengingatkan saya bahwa komedi KonoSuba tidak begitu “wah” banget. Dialog antara Megumin dan Yunyun di sini pun sering terasa membosankan. 

Memeable scene © Natsume Akatsuki, Kadokawa
Visual dan OST sudah tidak bisa diragukan lagi karena seri ini adalah seri besar yang juga diisi para seiyuu papan atas. Machicho dan pengisi karakter utama, Takahashi Rie dan Toyosaki Aki kembali mengisi lagu pembuka dan penutup yang bagus dan cukup terngiang di kepala saya.

Jadi, meski visual sangat memanjakan mata, absennya Lord Kazuma dan banyak dialog serta drama antara Megumin dan Yunyun membuat spin-off ini agak membosankan. Sekarang saatnya menanti tahun 2024 untuk musim ketiga KonoSuba. Semoga masih bertemu...☠️

Kono Subarashii Sekai ni Bakuen wo! bisa kalian tonton secara legal di Crunchyroll, Ani-One Asia, dan Bilibili.tv.

     

Skor Akhir: 7

Posting Komentar untuk "Review Anime Kono Subarashii Sekai ni Bakuen wo!: Si Besar Mulut Teriak "Explosion!""